Keseruan Belajar Ngomong Inggris dan Budgetnya

by - Februari 14, 2019


Aku pernah cerita di post aku yang sebelumnya kalau bahasa Inggris aku masih belum bagus. Itulah kenapa aku nulis beberapa artikel di blog aku ini pake bahasa Inggris. Jadi kalau banyak yang masih belum bener harap maklum dan buat temen-temen yang mau ngebetulin juga boleh. Aku sangat berterima kasih. Aku ngerasa ini salah satu cara yang efektif buat aku nambah kosakata-kosakata baru. Saat baca terus ngartiin cari di kamus itu di aku gampang lupanya. Beda kalo nulis aku bakalan nyari terjemahan bahasa Inggris di kamus, terus aku milih kata-kata mana yang tepat. Setelah jadi satu kalimat atau satu paragraf bahasa Inggris biasanya aku terjemahin lagi ke bahasa Indonesia. Soalnya kadang ada kata-kata yang mungkin konteksnya kurang tepat. Sedikit rempong memang, tapi dengan begitu kosakata baru lebih lama singgahnya atau bahkan menetap di kepala aku.

Bisa dibilang, aku telat nyadarnya tentang perlunya melek bahasa Inggris. Dulu aku kira EAP dapet A udah cukup buat bekal jadi guru SD. Alhasil pas S2 ada dosen yang ngasih tugas buat bikin review jurnal international terus bikin pembahasan yang didukung jurnal-jurnal inter dan nasio minimal 20 (ini patokan sendiri, salah satu indikator biar dapet excellent) dikumpulin setiap minggu di uji plagiasi pake turnitin cukup bikin aku kalang kabut dan kayak zombie gara-gara kurang tidur. So, jangan ngerasa cukup sama ilmu. Terus belajar apapun itu setiap kesempatan gunakan buat nambah ilmu-ilmu baru. Semakin belajar pasti akan semakin ngerasa ngga tau dan haus ilmu. Jadi kalo kita ngerasa sombong sama ilmu yang kita punya, ngerasa cukup sama ilmu yang kita punya, menandakan kalo ilmu kita sebenernya masih cetek.

Oke, aku rasa prolognya terlalu kepanjangan. Padahal intinya cuma kenapa aku ngga dari dulu ngabisin waktu liburan semester aku buat belajar bahasa Inggris ke Pare. Soalnya pas waktu S1 aku libur semester serasa lama banget bisa sebulanan. Sedangkan pas S2 liburan 2 minggu aja udah serasa dikejar-kejar banyak hal. Tiba-tiba suruh menghadap dosenlah, suruh setor tiga judul tesis dan latar belakang masalah lah, KRS-an dan sebagainya (Padahal kitanya disana ambil program intensif 2 minggu 8 up yang artinya ada 8 kelas yang harus aku ambil setiap harinya. Dari pagi jam 5 sampe jam 10 malem. Tiga kelas di camp dan lima kelas lainnya diluar). Nama kelasnya aku ngga terlalu inget si, yang paling pagi di camp itu morning vocab kalo ngga salah terus yang lainnya Pronoun 1/2, Speak up, Tic Talk, Grammar (kelas favorit aku), listening, sama speaking & writing. Kalau yang malem namanya apa ngga inget. Oh iya, Aku ambil programnya di Mr. Bob yang emang spesialis ngomong Inggris. Kenapa aku ambil kelas speaking bukan kelas Toefl aja? Aku ambil kelas speaking karena sebenernya aku paling ngga bisa di listening. Aku rasa saat aku belajar speaking, belajar gimana pelafalan yang bener, itu nambah kepekaan telinga aku buat bisa denger. Ya intinya ngomong itu paketannya sama denger. Kita ngga akan bisa ngomong kalo ngga denger. Saat kita belajar ngomong otomatis kita juga belajar dengerin. Makanya di kelas speaking ini juga ada kelas listening. Selain itu tetep kok masih ada kelas Grammar dan Tic talk buat nambah kosa kata kita. Oh iya, seinget aku ada juga kelas diary up di camp yang disitu kita harus nulis diary setiap hari dengan tema yang udah ditentukan.

Apa sih keseruan belajar di sana?
Menurut aku seru banget. Walapun aku ambil kelasnya banyak, padet banget, dalam sehari itu ngerasa ngga ada waktu buat leha-leha, jeda antar kelas aja cuma 15 menit itu buat jalan, tidur malem terus, bangun pagi-pagi jam 3 atau 4 an buat antri mandi, tapi itu kerasa ngga ada beban sama sekali. Kita belajar seneng-seneng aja, ketemu banyak orang yang bahkan ada dari jauh-jauh luar pulau buat belajar, serta aksi-aksi mereka yang terkadang membuat kita tertawa-tawa di kelas. Di sana kita dipaksa buat pede ngomong Inggris. Se-belum bisanya kita yaudah pede aja ngomong. Kalau di Camp kita ngga boleh speak bahasa (maksudnya bahasa indo atau bahasa daerah) kecuali kalo emang sama orang tua kita. Kalo kita speak bahasa (dan ketahuan) kita dapet punishment. Punishmentnya apa? punishmentnya itu sesuai jumlah kata yang kita keluarkan dan mungkin beda camp bisa beda punishment juga. Kalo di camp aku, saat kita ngeluarin 1 kata, harus ngafalin 20 kosa kata bahasa Inggris sama artinya, 2 kata 40 kosakata, dan kalo udah 3 atau lebih kita harus siap dibedakin dengan muka cemong bawa baliho speech in front of office atau public place gitu. Pokoknya kalo belajar di sana kita harus mutusin urat-urat malu kita alias udah aja ngga usah punya malu lagi niat kita mah belajar aja. Nah, di sini aku juga punya experience nih. Pas di akhir-akhir program menjelang ujian aku keceplosan ngomong "Aduh" dan ternyata sista yang jadi sesepuh camp itu denger. Alhasil aku dapet poin dong. Waktu itu karena udah di akhir program ceritanya aku males ngafalin kosa kata karena udah ngafalin yang mau buat ujian speak up dan aku rasa itu kesempatan yang pas buat pemanasan. Akhirnya aku minta hukumannya dibuat speech aja di depan office nya mr.bob yang waktu itu super duper rame anak-anak pulang kelas. Kurang lebih begini nih tampilan aku waktu speech


Nah otomatis aku ngafalinnya sekalian kan karena temanya bebas ngga ditentuin, Dari situlah akhirnya waktu speak up class aku bisa speech dengan lancar dan dapet nilai A+  plus dapet bonus mewakili camp buat speech contest dengan naskah yang sama. lol. Hikmah dibalik hukuman. Udah gitu dapet juara dan dapet hadiah banyak jajan. Mulai dari situ aku ngerasa bahwa saat kita dapet cobaan atau hukuman (pokoknya apapun itu yang kita rasa ngga enak atau ngga suka) terima aja, syukuri, dibikin happy. Akan ada banyak hikmah di balik itu. Kayak sekarang ini aku masih belum dapet kerjaan setelah lulus, mungkin hikmahnya jadi bisa nge-throwback dan nulis beberapa artikel di blog. Oh iya, belajar masak, belajar desain, bisnis, dan nonton film.  *eh curcol*




Berapa sih budget yang perlu kita persiapkan buat belajar di Pare?
Ini kurang lebih rincian pengeluaran aku di Pare selama 2 minggu di tahun 2017 di mr. Bob spesialis ngomong Inggris. Setiap lembaga tentunya pasang tarif yang berbeda-beda dan di sana banyak banget nget nget sampai pasti bingung mau milih yang mana. Setiap lembaga juga punya program unggulan  atau spesialis masing-masing kayak misalnya mr. Bob ini dia spesialis ngomong Inggris dan pendongkrak pede.

Awal dateng dulu kita transport pake kereta dari Yogyakarta, ngga usah di hitung ya. Kita hitungnya dari pengeluaran pas dari Kedirinya aja. Aku kesana berdua sama temenku dan kita sama-sama baru pertama kali, jadi kita ambil fasilitas penjemputan.
Biaya program 8 up                   Rp. 975.000,00 (modul, kaos, camp, sertifikat, 8 kali kelas)
Biaya penjemputan                    Rp.   75.000,00
Sewa sepeda (2 minggu)           Rp. 150.000,00 (beda sepeda beda harga, paling murah 50 K/minggu)
Makan + minum (tergantung kitanya mau yang murah atau mahal kalo aku kisaran antara 8-15 K sekali makan).
Laundri                                  Rp. 3500,00/kg (nyuci sendiri juga bisa cuma kita udah banyak kelas dan pengen fokus belajar jadi laundri)
Biaya antar ke stasiun kediri    Rp.50.000,00 (kita charter rame-rame)

Kira-kira segitu si gambaran budget yang perlu kamu sediakan kalau mau belajar bahasa Inggris di Pare. Harga itu ngga mutlak. Kalian bisa lebih mahal atau mungkin juga lebih murah, tergantung lembaga, program, dan gaya hidup. Ada juga lembaga yang kadang ngasih program beasiswa free biaya program sampe 1 tahunan. Kepoin aja website nya. FYI kelas kita cuma senin-jumat. Kadang ada juga yang rame-rame ambil paket liburan ke Bromo atau wisata lainnya dengan harga yang menurut aku cukup terjangkau. *Weekendku kupakai buat istirahat, ngerjain tugas kampus, ngubungin orang tua, sama kalo bosen sepedaan deket situ liat-liat muter-muter persawahan sama temen-temen.


You May Also Like

0 comments