Be PEKA Person!

by - Februari 28, 2019


Dari kecil aku dididik sama ortu buat peka sama lingkungan entah dari lingkungan terkecil keluarga, sekolah, atau masyarakat. Terlebih aku tinggalnya masih di desa yang dapat dibilang masih Jawa banget. Di manapun dan kapanpun kudu belajar buat bersikap sopan santun. Terkadang culture yang diterapin di keluarga bakal kebawa kemanapun anak itu pergi dan mungkin bakalan bisa dibilang mendarah daging. So, dari sekarang mulailah memperbaiki dan memperbanyak good culture sebelum jadi ortu ya kalo pengen anaknya juga punya good habits.  

Salah satu culture yang ada di keluarga aku adalah saat ada satu orang anggota keluarga lagi ngerjain pekerjaan rumah. Apapun itu, ngga ada anggota keluarga lain yang leha-leha. Orang tua aku ngga membebani pekerjaan rumah ke anak-anaknya kalo emang mereka lagi sibuk-sibuknya sama tugas sekolah, kita tetap dibiarin ngerjain tugas sekolah. Lain cerita kalo duduk leha-leha nonton TV atau mainan gadget. Kata ibu aku sih “gotong royong”. Alih-alih ngga sopan kalo orang tuanya sibuk kerja anaknya leha-leha. Dulu aku suka kesel walaupun capek pulang sekolah pengen istirahat tapi disuruh bantu-bantu karena di rumah lagi ribet. Rasanya kerjain sesuatu pengennya sambil ngeluh mulu. Ngga pengertian banget sih anaknya baru pulang capek mau istirahat tapi disuruh-suruh.

Orang tuaku bisa dibilang kayak ngga pernah punya capek. Subuh kadang bapak ke sawah, terus ngajar ke sekolah, siangnya ngerjain pekerjaan rumah, kadang ada acara atau kegiatan kayak kondangan, diklat, pertemuan kepsek, jenguk orang sakit, takziah, dsb. Ada aja urusannya. Baru bisa istirahat pas malemnya. Begitupun ibu. Beliau ngajar berpuluh-puluh kilo jauhnya naik gunung yang kanan kirinya jurang. Jalan kecil yang kadang simpangan sama truk-truk pembawa hasil tebangan kayu atau bus-bus punghubung kabupaten sebelah. Jalanan yang rawan longsor saat musim ujan. Awal ngajar bisa dibilang ibu berkali-kali jatuh dari motor yang sampe bikin cedera tangannya, nabrak itik yang tiba-tiba terbang ke mukanya sampe jatuh dari motor, pernah juga jatuh masuk got sak motor-motornya. Apakah habis itu ibuku berhenti dan nyerah? ENGGAK! Ibuku tetep berangkat ngajar tiap hari bolak-balik sampe sekarang 15 tahun lamanya.

Dari sebelum TK aku udah harus belajar bantuin ortu nyuci baju (nyuci yang kecil-kecil kek daleman sama lap). Dulu aku seneng banget kalo suruh bantuin nyuci karena aku bisa mainan air. Kadang juga bantuin ibu nyapu halaman. Sama ibu aku udah disediain sapu lidi kecil buat aku nyapu yang aku ga tau apa yang aku sapu. Pas udah SD kerjaan nambah sama cuci piring. Ngga terhitung berapa banyak piring, gelas, atau gerabah-gerabah lain yang udah aku pecahin. Dimarahin pasti, berdarah pernah. Apakah habis itu aku ngga boleh ngerjain pekerjaan rumah? NGGAK! Aku tetep kudu dan harus belajar. Cewek kudu bisa ngerjain pekerjaan rumah katanya.

Dulu aku masih belum ngerti. Aku suka ngiri sama temen-temen aku yang selalu dimanja sama orang tuanya. Mereka ngga harus ngerjain kerjaan rumah ini itu. Tugas mereka ya udah fokus belajar aja. Dulu pernah kepikiran kenapa aku terlahir dari orang tua aku yang nyuruhan banget *Duh jahat banget ya, anak macam apa aku ini ngga ada syukurnya. Aku selalu ngira kalo mereka ngga peduli sama anak-anaknya. Tapi ternyata aku salah. Itulah cara mengekspresikan sayang mereka ke anaknya. Setiap orang tua itu sayang ke anaknya, cuma cara pengekspresiannya aja yang beda. Kadang anak salah nafsirin kalo orang tua ngga sayang ke mereka. Padahal there are some reasons behind that. Mereka selalu punya alasan di balik itu.

Kayak orang tua aku. Mereka pengen anaknya bisa survive di masyarakat. Ilmu PEKA itu penting banget. Habits yang mereka tanamkan ke aku secara nggak sadar aku terapin di sekolah sampe sekarang di masyarakat. Aku selalu ngerasa rikuh kalo di organisasi ada temen yang kerja sementara aku duduk leha-leha. Begitupun di tetangga. Kayak kemaren pas aku denger tetangga lagi ngebetulin jemuran, even lagi masak aku tinggal keluar sama suami buat nanyain dan bantuin benerin jemuran. Bukan mau pamer, tapi aku ngga mau ngeliat hal yang kontras aku liat dalam satu frame pandangan aku. Orang yang sibuk bersihin got atau beresin rumput dijalan sementara ada yang cuma sekedar mainan gadget atau duduk santai baca koran. Apalagi kalo di rumah. Aku ngga suka kalo orang tua sibuk kerja tapi anaknya sibuk mainan gadget atau nonton TV. Be PEKA person!


You May Also Like

0 comments