Jadi Pembicara Clenovio X Semua Murid Semua Guru

by - Februari 14, 2019


Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Semua Murid Semua Guru bekerja sama dengan berbagai komunitas peduli pendidikan di Jogja ngadain acara pesta pendidikan. Waktu itu, tiba-tiba temen nawarin aku buat ngisi di acara ngobrol publik. Awalnya ngerasa ngga pede buat ngisi karena yang dateng bukan cuma anak-anak tapi ada mahasiswa, orang tua, dan guru-guru yang udah punya banyak pengalaman ngajar. Tapi setelah aku pikir-pikir lagi, aku harus ambil kesempatan itu. Ngga ada salahnya belajar. Kita ngomong di depan bukan berarti harus lebih pintar atau lebih bisa, tapi buat sama-sama belajar. Finally, I decided to take the chance. Itu kesempatan aku belajar ngomong di depan umum. Kamu selamanya ngga akan pede dan ngga akan bisa kalo ngga pernah mencoba.


Di acara ini aku juga berkesempatan buat belajar bareng Ibu Mulan Jameela dan Safea. Selain itu aku ketemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita, Bapak Muhadjir Effendi dengan nasihat-nasihat beliau yang menginspirasi. Waktu beliau menyampaikan dialog singkat, ada seorang guru yang mengeluhkan tentang soal ujian nasonal High Order Thinking Skills (HOTS) yang waktu itu tengah menjadi hot issue menjelang ujian nasional. Tak hanya siswa yang ngerasa was-was tapi guru-gurunya juga. Aku suka tanggapan beliau yang selalu aku ingat sampe sekarang. Intinya si beliau menjawab kalo soal HOTS itu hanya beberapa 10 persen dari total soal, ngapain di ributin kan masih ada 90% yang lain. Hasil HOTS siswa Indonesia itu masih rendah dibandingin beberapa negara-negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia. Seiring perkembangan zaman, pendidikan juga harus berkembang. Nah kalau gurunya aja pesimis menghadapi perubahan, gimana siswanya? Ayolah kita sama-sama tanggap sama perubahan. Terbuka sama perubahan dan tantangan-tantangan baru. Begitulah kurang lebihnya tanggapan beliau. Pastinya juga selalu optimis dengan masa depan ya gaes. Let's be the agent of change :)



You May Also Like

0 comments