Movie Review: The Shawshank Redemption

by - Maret 20, 2019


Kali ini aku bakal nge-review film dengan rating terbaik sepanjang masa di IMDB.  IMDB itu sejenis situs pemberi rating atau nilai performa film. Nggak tanggung-tanggung nih film ini dapet rating 9,3. Film ini menurutku sangat inspiratif dan tentunya menginspirasi banget tentang don't lose hope no matter how bad your condition or situation is. Jalanin aja dan terus berusaha buat bangkit lagi. Ya gimana ngga? Film yang diangkat dari novel Stephen King ini nunjukin gimana orang yang tiba-tiba terjun bebas ke posisi hidup terendah dalam hidupnya terus berusaha buat bangkit lagi dengan berbagai up and down nya. Sampai akhirnya menemukaan jalan keluar yang mungkin ngga terfikirkan sama sekali sama orang. 

Kisah film yang disutradai oleh Frank Darabont ini menceritakan tentang kisah hidup seorang banker, Andi Dufresne. Kisah petualangannya dimulai dari awalnya liat perselingkuhan istri yang amat sangat dia cintai, terus dituduh melakukan pembunuhan atas istri dan selingkuhannya itu, sampai akhirnya ia divonis hukuman penjara seumur hidup. Ibarat kalo lagi main ular tangga, dia lagi dapet ular yang bikin hidupnya merosot jauh ke titik terendah. 

Nggak sampai disitu, di penjara Shawshank Ia disukai oleh sekelompok gay yang menamai mereka The Sister yang membuat kehidupannya semakin buruk. Di penjara itu, ia juga bertemu dengan Elis 'Red' Redding yang akhirnya menjadi teman akrabnya selama di penjara. Nah, si Red ini lah yang menjadi sudut panjang pencerita (narator) dalam movie ini. Aku ngga akan kasih detail ceritanya direview ini, karena aku pengen kalian nonton sendiri. I really really recommend you to watch this movie, the greatest movie I've watched.

Pelajaran lain yang ingin disampaikan di film ini yaitu tentang pilihan hidup. Mungkin di saat down, ngerasa berada di posisi terendah dalam hidup, kita bisa milih buat nyerah atau buat terus fight. Dikisahkan pula tetang Brooks Hatlen, seorang tahanan sekaligus pustakawan yang tak lagi muda dan sudah menghabiskan berpuluh-puluh tahun hidupnya, terjebak dalam ekosistem penjara Shawshank harus berjuang dan menjalani kebebasannya sebagai mantan napi. Ia akhirnya memutuskan untuk bunuh diri di tempat tinggal sekaligus tempat kerja yang ia dapatkan dari rekomendasi penjara. 

Klimaks kerennya kisah Pak Andi ini menurut aku adalah ketika secercah harapannya buat keluar dari Shawshank, saksi hidup kasus ketidakbersalahannya dibunuh oleh kepala sipir yang tidak menginginkan Pak Andi bebas. Namun Pak Andi sama sekali nggak nyerah dan terus percaya sama mimpinya. Setelah 30 tahun di penjara, Pak Andi akhirnya bisa keluar dengan cara yang menurut aku amazing banget. Tak hanya itu, ia juga berhasil mengungkap kasus penggelapan uang yang di lakukan oleh kepala sipir, tapi uangnya dia yang menikmati buat mewujudkan mimpi-mimpinya. Nah loh kok bisa? Makanya nonton.. wkwk.. Udah gitu, selama di penjara ini pak Andi Dufresne ini banyak kasih konstribusi buat para napi, membangun perpustakaan, berperan sebagai konsultan keuangan, ngajarin dan menginspirasi para napi. Keren banget deh pokoknya. You should watch this movie.  

You May Also Like

0 comments