Break The Limits, Take Actions

by - Maret 06, 2019


Hari ini aku sempetin ketemuan sama temen aku yang bentar lagi mau nikah. Kita temenan dari SMP. Awal kenal pas kita lagi registrasi ulang dulu. Orang tua kita sahabatan. Merasa dari daerah yang sama, akhirnya pun kita jadi sahabat deket, tinggal di pesantren yang sama sampe SMA. Bisa dibilang dulu aku orangnya kuper, belum banyak making friends. Saat aku udah punya temen yang cocok, aku bakalan stag sama lingkaran itu. Orang kenal aku mungkin kurang friendly, egois, dan gudging banget. Aku bakalan ngejudge orang dari first impression atau malah bisa dibilang cuma dari covernya aja. How bad it is! Don’t do this. Wkwk

Semakin aku terbuka sama dunia luar, aku semakin sadar kalo yang aku lakuin ngga bener. Kadang label yang aku beri ke seseorang berdasarkan judgement aku ternyata ngga bener. Malah ujung-ujungnya jadi kayak suudzon. Aku sekarang jadi ketagihan buat making friends. Aku rasa saat kita mulai open sama orang, orang pun akan open sama kita. Denger pengalaman-pengalaman mereka, cerita-cerita mereka, membuka pemikiran aku jadi lebih open minded . Aku ngerasa makin terbuka kalo sebenernya pemikiran orang ngga ada yang salah. Semua benar kalo kita ngeliat itu dari kacamata mereka, bukan dari kacamata kita. Even senegatif apapun perilaku mereka kalo kita see from another side bakalan ada sisi positif inside. Apalagi kalo sama-sama positif. So, belajarlah buat melihat permasalahan dari sudut pandang mereka. Dengerin cerita mereka.

For example, dulu bisa dibilang aku selalu memandang semua persoalan dari kacamata aku. Aku ngerasa kalo pemikiran aku yang paling bener. Pekerjaan yang paling aman, nyaman, dan menjanjikan ya PNS. Sampe aku maksa suamiku buat daftar PNS yang padahal dia ngga minat sama sekali.  Kita sama-sama ngerasa pemikiran kita yang bener. Aku bilang ke dia terlalu idealis dan muluk-muluk. Dia bilang pemikiran aku yang old. Alhasil ya ngga jadi. Sampe akhirnya aku terjun ke dunia dia, ketemu orang-orang pebisnis, dengerin cerita dan pemikiran mereka yang bikin aku berkesimpulan bahwa decision atau pemikiran kita ngga ada yang salah. Salah itu kalo kita ragu-ragu, ngga konsisten akhirnya usaha kita sia-sia. Mereka bener-bener ngebuka pemikiran aku, oh iya kalo aku dan orang tua aku berpikian kalo PNS itu kerjaan yang nyaman dan menjanjikan ya karena kita hidup di lingkungan yang mayoritas warganya berharap jadi PNS. Kita hidup di desa yang tingkat consumerisme warganya bisa di bilang rendah. Saat ada yang buka bisnis yang target marketnya warga tempat aku, ya ngga akan berhasil. Alhasil ngga ada yang punya usaha langgeng. Kebanyakan gulung tikar dalam waktu beberapa bulan aja. Jadilah ketanem pemikiraan di orang tua aku kalo pebisnis itu penuh dengan ketidakpastian dan kebanyakan kurang berhasil. Sama juga dengan yang ketanam di pemikiran ortunya temenku. Ketika temenku memulai jualan, ortunya ngerasa kurang setuju. Sebagai salah satu orang yang terpandang di daerahnya, omongan yang berkembang di masyarakat membuat orang tuanya malu.

Kita sharing banyak hal. Ternyata kita sepemikiran. Kita sama-sama break the stigma itu dalam diri kita dan kita pengen buat suatu kemajuan di desa kita melalui bisnis. Dia pengen buka usaha souvenir di deket rumahnya, buat membuka lapangan kerja di sana. Memberdayakan masyarakat sekitar sana. Begitupun aku. Aku pengen buat usaha fashion di deket rumah. Ada beberapa ibu-ibu jebolan les menjahit gratis yang perlu ditindaklanjuti. Aku ingin membuka lapangan usaha buat mereka. Aku ngga tau kenapa kita bisa kompakan gini. Tapi seneng rasanya bisa ketemu dan berbincang sama dia. Kerasa kayak dapet suntikan semangat lagi buat nge-built usaha lebih maju lagi. Memulai itu ngga mudah. Break the limits and take actions!

You May Also Like

0 comments