The Power of Thinking

by - Desember 20, 2018

Aku belajar tentang the power of thinking, gimana pikiran memproyeksikan diri dan nasib kita saat CPNS kemarin. Waktu itu aku baru lulus dan bahkan belum wisuda. Tapi aku udah dapet softcopy dan legalisiran ijazah buat daftar setelah ngurus percepatan ijazah di kampus. Aku ngga tau harus daftar di mana karena aku udah nikah. Suami aku kerja di Cimahi jadi aku nyari kampus yang deket-deket Cimahi. Alhasil UIN SGD Bandung dan UPI masuklah di list aku. Setelah menimbang-nimbang akhirnya aku memilih UPI karena lokasinya lebih deket.

Di awal daftar memang aku niatkan cari pengalaman tes just by taking the experience buat next test CPNS tahun depan karena aku ngerasa minder di awal. Aku baru lulus belum punya banyak karya, toefl aku aja belum sampe 500, dan aku juga belum punya ID scopus. Padahal saat itu untuk menjadi dosen tetap non PNS UPI aja udah harus punya skor toefl minimal 500 dan karya scopus 2 kalo ngga salah pas aku baca di persyaratan seleksi calon dosen tetap UPI tahun 2018. CMIIW :D Udah gitu aku terlalu mendengarkan kabar burung (aku ngga mau sebutin itu) yang aku tau kalo ternyata itu ngga bener setelah aku crosscheck ke dosen aku dulu yang alumni sana. Kabar itu nambah bikin aku down dong. So, jangan pernah dengerin kabar burung dan tutup telinga rapat-rapat. Fokus aja ke tujuan dan percaya kalo kamu bisa achieve your dreams. Alhasil aku belajar seadanya (bisa dibilang ngga belajar). Bahkan H-1 aku masih di Jogja padahal besoknya tes di Bandung. Aku cukup puas liat skor yang ditampilin di layar monitor setelah tes meskipun aku belum memenuhi passing grade. Tapi cukup nyesel pas liat hasil pengumuman resminya.


Nyesek kan liat hasilnya. Coba kalo aku lebih serius aja sedikit. Belajar TKP lah minimal biar skor TKP aku bisa kedongkrak dikit aja memenuhi passing grade, at least aku bisa ikut SKB dan punya pengalaman lebih, atau bahkan if I were lucky, aku bisa lolos ASN.

Aku ngga mau terlalu baper si. Aku yakin Allah punya rencana yang lebih baik dibalik ini. Setidaknya aku belajar dari pengalaman ini. Jangan pernah dengerin apa yang bikin kamu down. Fokus dan lakukan yang terbaik di setiap kesempatan yang kamu punya. Selalu berpikirlan positif biar hidup juga positif!

#notetoself
#CPNS2018

You May Also Like

0 comments